POLA PEMBERIAN TERAPI MUAL DAN MUNTAH PADA IBU HAMIL OLEH DOKTER SPESIALIS OBSTETRI DAN GINEKOLOGI SERTA BIDAN DI KOTA DENPASAR

  • Ni Putu Ayu Widiasari Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • I Gusti Made Surya Candra Trapika Bagian Farmakologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Abstract

Mual dan muntah pada ibu hamil atau yang disebut dengan nausea and vomiting in pregnancy (NVP) adalah salah satu penyebab tingginya angka morbiditas ibu hamil yang hingga saat ini belum diketahui terapi definitifnya. NVP dengan manifestasi gejala yang berat disebut dengan Hiperemesis Gravidarum (HG). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pengobatan NVP oleh praktisi kesehatan di kota Denpasar. Penelitian bertempat di praktek dokter spesialis obstetri dan ginekologi dan bidan di kota Denpasar yang dipilih secara simple random sampling. Populasi adalah seluruh ibu hamil dengan NVP yang berkunjung ke praktek swasta dokter spesialis obstetri dan ginekologi dan bidan di kota Denpasar dalam jangka waktu Januari-Mei 2014. Rancangan yang digunakan adalah studi cross-sectional dengan pemilihan sampel secara total sampling dan digunakan sampel sejumlah 88 ibu hamil. Data dikumpulkan dari rekam medis pasien dan dipindahkan ke formulir penelitian. Data yang didapatkan dianalisis lebih lanjut secara deskriptif. Secara umum didapatkan proporsi pemberian farmakoterapi kepada pasien NVP lebih tinggi (70,5%) dibandingkan non-farmakoterapi (29,5%) dengan seluruh pasien HG diberikan farmakoterapi. Jenis farmakoterapi yang paling dominan dipilih secara umum adalah vitamin B6 (56,5%). Dokter spesialis obstetri dan ginekologi dominan memilih inhibitor serotonin dan bidan dominan memilih vitamin B6. Dapat disimpulkan bahwa farmakoterapi merupakan pilihan dominan dalam terapi NVP dengan vitamin B6 yang mendominasi. Seluruh pasien HG mendapatkan farmakoterapi. Disarankan untuk melakukan penelitian lebih lanjut lagi dengan jangka waktu dan tempat penelitian yang lebih banyak untuk mengetahui kondisi terapi NVP di lapangan dan pilihan farmakoterapi para praktisi kesehatan untuk menangani NVP.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-05-07
How to Cite
AYU WIDIASARI, Ni Putu; SURYA CANDRA TRAPIKA, I Gusti Made. POLA PEMBERIAN TERAPI MUAL DAN MUNTAH PADA IBU HAMIL OLEH DOKTER SPESIALIS OBSTETRI DAN GINEKOLOGI SERTA BIDAN DI KOTA DENPASAR. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 6, n. 5, p. 28-35, may 2017. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/30400>. Date accessed: 25 apr. 2024.

Keywords

NVP; Farmakoterapi; Non-farmakoterapi