KARAKTERISTIK PASIEN IBU HAMIL DENGAN PREEKLAMPSIA DI RSUP SANGLAH DENPASAR TAHUN 2015

  • Kadek Budi Juliantari Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • I Nyoman Hariyasa Sanjaya Bagian Obstetrik dan Ginekologi RSUP Sanglah Denpasar

Abstract

Latar belakang: Preeklampsia dan eklampsia merupakan kondisi spesifik dan komplikasi mayor kehamilan yang biasanya terjadi setelah usia 20 minggu kehamilan. Ibu dengan preeklampsia mempunyai risiko kematian janin perinatal 5 kali lipat lebih besar dibandingkan dengan ibu non-preeclampsia. Di Indonesia, preeklampsia dan eklampsia menjadi salah satu penyebab utama kematian ibu dan kematian perinatal yang tinggi setelah perdarahan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik pasien preeklampsia di RSUP Sanglah Denpasar.

Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif retrospektif yaitu menggunakan data sekunder berupa rekam medis pasien preeklampsia di Instalasi Rekam Medik RSUP Sanglah Denpasar dari 1 Januari – 31 Desember 2015.

Hasil: Dari 108 sampel, didapatkan pasien preeklampsia paling banyak pada usia 20-35 tahun (70,37%), nullipara (49,7%), kehamilan single (98,14%), tanpa riwayat preeklampsia (97,22%), tanpa riwayat diabetes mellitus (99,07%) dan obesitas (62,03%).

Simpulan: Terdapat perbedaan hasil antara karakteristik pasien preeklampsia yang disebutkan oleh beberapa literatur dengan karakteristik pasien preeklampsia pada penelitian ini yang dilakukan di RSUP Sanglah Denpasar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipakai sebagai dasar penelitian lebih lanjut untuk mengetahui karakteristik pasien ibu hamil yang menjadi faktor risiko terjadinya preeklampsia sehingga dapat dilakukan pencegahan dan pengobatan lebih dini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-03-31
How to Cite
BUDI JULIANTARI, Kadek; HARIYASA SANJAYA, I Nyoman. KARAKTERISTIK PASIEN IBU HAMIL DENGAN PREEKLAMPSIA DI RSUP SANGLAH DENPASAR TAHUN 2015. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 6, n. 4, mar. 2017. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/29320>. Date accessed: 19 apr. 2024.

Keywords

Karakteristik; ibu hamil; preeklampsia