IDENTIFIKASI BAKTERI ESCHERICHIA COLI SEROTIPE 0157 DENGAN MEDIA SORBITOL MAC CONKEY AGAR (SMAC) PADA JAMU BERAS KENCUR DARI PEDAGANG JAM GENDONG DI KOTA DENPASAR

  • I Kadek Serisana Wasita Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • I Made Agus Hendrayana Bagian Mikrobiologi Klinik, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Abstract

Jamu beras kencur masih sering dikonsumsi sebagai minuman kesehatan, minimnya pengawasan serta kurang higenisnya proses pembuatannya, tidak menutup kemungkinan terjadinya kontaminasi E.coli pada minuman tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontaminasi dan serotipe E.coli pada jamu beras kencur yang dijual oleh pedagang jamu gendong di kota Denpasar. Rancangan penelitian ini adalah deskriptif observasional dengan rancangan studi eksploratif. Pengambilan sampel dilakukan dengan dengan metode non-probability sampling yaitu consecutive sampling, dengan mendapatkan sepuluh sampel dari empat kecamatan di kota Denpasar. Sampel dicampur dengan media pengaya Tryptic Soy Broth (TSB) dan dibiakkan pada media MacConkey dan Eosin Methylene Blue Agar (EMBA). Hasil koloni diperiksa dengan pengecatan gram dan identifikasi serotipe menggunakan media Sorbitol-MacConkey agar (SMAC). Hasil penelitian ditemukan empat dari sepuluh sampel jamu beras kencur (40%) positif terkontaminasi E.coli, sedangkan untuk E.coli serotipe O157 tidak ditemukan di kesepuluh sampel. Diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai jamu beras kencur dengan sampel yang lebih besar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

I Kadek Serisana Wasita, Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
I Made Agus Hendrayana, Bagian Mikrobiologi Klinik, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
Bagian Mikrobiologi Klinik, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
Published
2016-10-15
How to Cite
SERISANA WASITA, I Kadek; AGUS HENDRAYANA, I Made. IDENTIFIKASI BAKTERI ESCHERICHIA COLI SEROTIPE 0157 DENGAN MEDIA SORBITOL MAC CONKEY AGAR (SMAC) PADA JAMU BERAS KENCUR DARI PEDAGANG JAM GENDONG DI KOTA DENPASAR. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 5, n. 10, oct. 2016. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/24122>. Date accessed: 28 jan. 2021.

Keywords

Escherichia coli; jamu beras kencur; SMAC