PENINGKATAN KECEMASAN SISWA MENJELANG UJIAN AKHIR SEMESTER DI SMAN 4 DENPASAR
Abstract
Hasil Ujian Akhir Semester (UAS) merupakan salah satu penentu kelulusan siswa. Kegiatan akademis dalam mempersiapkan UAS diperkirakan dapat menyebabkan siswa mengalami stres. Tubuh merespon stressor tersebut dalam bentuk perasaan cemas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecemasan siswa menjelang UAS di SMAN 4 Denpasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross-sectional study dengan metode simple random sampling. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X tahun ajaran 2014/2015 di SMAN 4 Denpasar. Instrumen dalam penelitian ini adalah kuesioner Depression Anxiety Stress Scale (DASS 42). Penelitian ini dilakukan dalam dua periode; 1) satu bulan menjelang UAS, 2) tiga hari menjelang UAS. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskriptif dilakukan dalam 3 tahap, dengan hasil; 1) Nilai rata-rata tingkat kecemasan siswa satu bulan menjelang UAS adalah normal dan tiga hari menjelang UAS adalah kecemasan sedang, 2) Besar peningkatan kecemasan siswa menjelang UAS adalah 81,16%, 3) Besar peningkatan kecemasan siswa menjelang UAS menurut kategori N-Gain adalah rendah. Analisis inferensial diuji dengan uji Wilcoxon Signed Ranks, dengan hasil dari 60 sampel didapatkan peningkatan kecemasan dalam dua periode dengan p value = 0,000. Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat peningkatan kecemasan siswa menjelang UAS di SMAN 4 Denpasar.