UJI DIAGNOSTIK TES SEROLOGI WIDAL DIBANDINGKAN DENGAN TES IGM ANTI SALMONELLA TYPHI SEBAGAI BAKU EMAS PADA PASIEN SUSPECT DEMAM TIFOID DI RUMAH SAKIT SURYA HUSADHA PADA BULAN JANUARI SAMPAI DENGAN DESEMBER 2013

  • Anak Agung Putri Satwika
  • A.A. Wiradewi Lestari

Abstract

tifoid merupakan penyakit infeksi akut sistemik yang disebabkan oleh bakteri gram negatif Salmonella enterica serotype Typhi (Salmonella typhi), yang hingga saat ini masih memiliki angka morbiditas dan mortaliatas yang tinggi di dunia khususnya di negara berkembang salah satunya Indonesia. Metode diagnosis cepat dan tepat perlu dilakukan sedini mungkin pada pasien yang dicurigai mengalami demam tifoid sehingga pasien segera mendapatkan penanganan yang tepat. Tes Widal dan tes IgM Anti Salmonella typhi merupakan pemeriksaan penunjang yang sering digunakan untuk menegakkan diagnosis demam tifoid. Berdasarkan penelitian sebelumnya, diketahui bahwa tes IgM Anti Salmonella typhi memiliki sensitivitas, spesifisitas, PPV dan NPV yang tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian uji diagnostik dengan menggunakan rancangan penelitian cross-sectional, yang dilakukan di Rumah Sakit Surya Husadha pada Bulan Januari sampai dengan Desember 2013. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui sensitivitas, spesifisitas, PPV dan NPV tes Widal jika dibandingkan dengan tes IgM Anti Salmonella typhi sebagai baku emas. Pada penelitian diperoleh bahwa dari 203 sampel, terdapat 17 sampel (8%) yang positif dan 186 sampel (92%) yang negatif terdapat antibodi terhadap antigen Salmonella typhi O. Sedangkan 27 sampel (13%) yang positif dan 176 sampel (87%) yang negatif terdapat antibodi terhadap antigen Salmonella typhi H. Pada tes IgM Anti Salmonella typhi, terdapat 104 sampel (51%) yang positif dan 99 sampel (49%) yang negatif. Dengan menggunakan cross tabulation maka diperoleh sensitivitas, spesifisitas, PPV dan NPV dari tes Widal khususnya untuk Salmonella typhi O secara berturut-turut yaitu 14,6%, 98%, 88,2% dan 52,7%. Sedangkan sensitivitas, spesifisitas, PPV dan NPV dari tes Widal khususnya untuk Salmonella typhi H secara berturut-turut yaitu 20%, 94%, 78% dan 53%.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Anak Agung Putri Satwika

Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana

 

A.A. Wiradewi Lestari
Bagian/SMF Patologi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Udayana/Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah
How to Cite
PUTRI SATWIKA, Anak Agung; LESTARI, A.A. Wiradewi. UJI DIAGNOSTIK TES SEROLOGI WIDAL DIBANDINGKAN DENGAN TES IGM ANTI SALMONELLA TYPHI SEBAGAI BAKU EMAS PADA PASIEN SUSPECT DEMAM TIFOID DI RUMAH SAKIT SURYA HUSADHA PADA BULAN JANUARI SAMPAI DENGAN DESEMBER 2013. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], jan. 2016. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/17681>. Date accessed: 29 apr. 2024.

Keywords

Demam Tifoid, Widal, IgM Anti Salmonella typhi