UJI ZONA HAMBAT EKSTRAK DAUN PUTRI MALU (Mimosa pudica) TERHADAP BAKTERI Staphylococcus aureus DAN Methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA) SECARA IN VITRO

  • Nyoman Ririn Chandrika Sari
  • Putu Wisnu Arya Wardana
  • Agung Wiwiek Indrayani

Abstract

Resistensi Staphylococcus aureus dan MRSA terhadap antibiotika spektrum luas mendorong berbagai penelitian untuk menemukan senyawa aktif yang sensitif dan efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek penghambatan ekstrak daun putri malu (Mimosa pudica) terhadap pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus dan MRSA.Penelitian terhadap aktivitas antimikrobial ekstrak daun putri malu dilakukan dengan metode agar difusi cakram dengan menggunakan metode Kirby-Bauer.Suspensi bakteri disesuaikan dengan standar kekeruhan Mc Farland 0.5. Biakan bakteri dalam cawan petri masing-masing diberikan 6 perlakuan, yaitu kontrol positif (amoxicillin atau vancomycin), kontrol negatif (alkohol), serta ekstrak daun putri malu dengan konsentrasi 25 mcg/ml, 50 mcg/ml, 75 mcg/ml dan 100 mcg/ml. Pertumbuhan Staphylococcus aureus dihambat secara signifikan oleh ekstrak daun putri malu, dengan efek inhibisi pada semua konsentrasi secara signifikan lebih baik dibandingkan dengan kontrol positif (p<0.05). Zona inhibisi Staphylococcus aureus pada konsentrasi 25 mcg/ml adalah 28.86 mm dan telah memenuhi kriteria sebagai antimikrobial sensitif berdasarkan Clinical and Laboratory Standard Institute (CLSI). Inhibisi pertumbuhan MRSA secara signifikan terjadi pada semua konsentrasi ekstrak daun putri malu dibandingkan dengan kontrol negatif (p=0.00). Zona inhibisi terbesar ditemukan pada konsentrasi 100 mcg/ml dengan diameter sebesar 14.16 mm dan memiliki efek antimikrobial sebanding dengan vancomycin dalam menghambat pertumbuhan MRSA (p=0.186). Hasil uji agar difusi cakram menunjukkan bahwa senyawa aktif dalam ekstrak daun putri malu memiliki aktivitas antimikrobial yang tinggi terhadap Staphylococcus aureus dan MRSA secara in vitro.

Author Biographies

Nyoman Ririn Chandrika Sari

Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Indonesia
Putu Wisnu Arya Wardana
Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Indonesia
Agung Wiwiek Indrayani
Bagian Farmakologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Indonesia
How to Cite
CHANDRIKA SARI, Nyoman Ririn; ARYA WARDANA, Putu Wisnu; WIWIEK INDRAYANI, Agung. UJI ZONA HAMBAT EKSTRAK DAUN PUTRI MALU (Mimosa pudica) TERHADAP BAKTERI Staphylococcus aureus DAN Methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA) SECARA IN VITRO. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], apr. 2015. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/13100>. Date accessed: 19 nov. 2019.

Keywords

Mimosa pudica, antimikrobial, Stapylococcus aureus, MRSA, zona inhibisi.