PREVALENSI PENGGUNAAN KOSMETIK PELEMBAB DAN BEDAK PADA MAHASISWI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS UDAYANA YANG MENDERITA ACNE VULGARIS TAHUN 2014

  • Gede Febby Pratama Kusuma

Abstract

Acne vulgaris merupakan penyakit dengan prevalensi tinggi di Indonesia. Penggunaan kosmetik yang bersifat komedogenik, seperti pelembab dan bedak, sering dikaitkan sebagai salah satu faktor pencetus terjadinya acne vulgaris.Penelitian untuk mengetahui prevalensi penggunaan kosmetik pelembab dan bedak pada penderita acne vulgaris telah dilakukan terhadap mahasiswi Pendidikan Dokter Universitas Udayana yang menderita acne vulgaris dengan menggunakan metode studi deskriptif cross-sectional. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner untuk mengetahui prevalensi acne vulgaris, klasifikasi acne vulgaris, prevalensi penggunaan kosmetik pelembab dan bedak, frekuensi penggunaan kosmetik, kebersihan wajah, riwayat keluarga, trauma, dan menstruasi.Dari 100 sampel, didapatkan 92% yang menderita acne vulgaris dan 92,4% diantaranya aktif menggunakan kosmetik. Prevalensi penggunaan kosmetik pelembab dan bedak pada responden yang menderita acne vulgaris masing-masing sebesar 88,2% dan 83,5%. Selanjutnya hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) sebagian besar responden menggunakan kosmetik pelembab (69,4%) dan bedak (58,8%) secara rutin; (2) responden tetap menderita acne vulgaris walaupun sudah membersihkan wajah secara rutin setelah menggunakan kosmetik (68,2%); (3) sebagian besar penderita acne vulgaris memiliki riwayat keluarga acne vulgaris (55,3%) dan; (4) 89,4% responden suka memberikan trauma pada akne yang muncul.Dapat disimpulkan bahwa prevalensi penggunaan kosmetik pelembab lebih tinggi dibandingkan dengan kosmetik bedak pada mahasiswi Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Udayana. Acne vulgaris juga tetap terjadi walaupun sudah rutin membersihkan wajah setelah menggunakan kosmetik. Perlu dilakukan penyuluhan kepada masyarakat tentang cara pemilihan kosmetik yang aman, serta metode pencegahan acne vulgaris lainnya selain sekedar membersihkan wajah sehingga prevalensi acne vulgaris dapat ditekan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Gede Febby Pratama Kusuma

Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

How to Cite
PRATAMA KUSUMA, Gede Febby. PREVALENSI PENGGUNAAN KOSMETIK PELEMBAB DAN BEDAK PADA MAHASISWI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS UDAYANA YANG MENDERITA ACNE VULGARIS TAHUN 2014. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], apr. 2015. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/12931>. Date accessed: 25 apr. 2024.

Keywords

Acne vulgaris, pelembab, bedak