PENGARUH INTERVENSI WHATSAPP GROUP/SOCIAL MEDIA TERHADAP PENGETAHUAN, INTENSI DAN PERILAKU MENURUNKAN BERAT BADAN DI DINAS KESEHATAN DAN KELUARGA BERENCANA KOTA SABANG

  • Imilda Sari universitas muhammadiyah Aceh

Abstract

Kelebihan berat badan (Overweight) masih menjadi permasalahan gizi di Indonesia. Ditemukan masih banyaknya petugas kesehatan yang  overweight dan belum ada program spesifik terkait penurunan berat badan yang ditujukan kepada petugas kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intervensi whatsapp group/social media terhadap pengetahuan, intensi dan perilaku menurunkan berat badan  di Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Sabang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain quasi experiment non equivalent dengan pretest dan posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wanita di Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Sabang dengan IMT >23  sebanyak 273 responden. Cara pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling dengan jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 146 responden, sebanyak 73 diantaranya merupakan kelompok intervensi dan 73 kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan perubahan pengetahuan (p=0,001), perubahan intensi (p=0,029) antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol dalam penurunan berat badan, dan tidak terdapat perbedaan perubahan perilaku (p=0,308), perubahan berat badan (0,927) antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol dalam penurunan berat badan. Disimpulkan bahwa intervensi whatsapp group/social media berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan dan intensi petugas kesehatan dalam penurunan berat badan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-03
How to Cite
SARI, Imilda. PENGARUH INTERVENSI WHATSAPP GROUP/SOCIAL MEDIA TERHADAP PENGETAHUAN, INTENSI DAN PERILAKU MENURUNKAN BERAT BADAN DI DINAS KESEHATAN DAN KELUARGA BERENCANA KOTA SABANG. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 13, n. 4, p. 21-29, apr. 2024. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/113455>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2024.V13.i04.P05.