KORELASI STATUS GIZI DAN POLA ASUH DENGAN KECERDASAN INTELEKTUAL PESERTA DIDIK SDN 04 BOJONGSARI

  • Mayang Putri Hanifah UPN Veteran Jakrta
  • Nunuk Nugrohowati
  • Pritha Maya Savitri
  • Melly Kristanti

Abstract

Kecerdasan intelektual adalah kemampuan seseorang untuk memahami, memproses, dan menggunakan informasi secara efektif. Angka harapan lama sekolah dan rata-rata lama sekolah di Bojongsari cukup rendah, yaitu 13.91 dan 10.52 pada tahun 2021 yang kurang dari target UNDP sebesar 18 dan 15.  Status gizi dan pola asuh memengaruhi kecerdasan intelektual. Status gizi merupakan keseimbangan antara asupan dan kebutuhan zat gizi tubuh. Salah satu indeksnya ialah TB/U, di mana angka kejadian stunting di Bojongsari tahun 2022 tertinggi di Depok sebesar 6%. Pola asuh demokratis dianggap paling tepat, namun pola asuh non-demokratis yang paling banyak ditemui di Depok. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui korelasi status gizi dan pola asuh dengan kecerdasan intelektual peserta didik SDN 04 Bojongsari. Desain Cross-sectional digunakan dalam penelitian ini. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik SDN 04 Bojongsari, dengan jumlah sampel sebanyak 70 responden yang diambil secara Stratified random sampling. Variabel dependen penelitian ini adalah kecerdasan intelektual, sedangkan status gizi dan pola asuh adalah variabel independen. Analisis univariat dan bivariat digunakan dalam analisis penelitian ini dengan uji spearman. Hasil univariat didapatkan IQ kategori average 54,3%, stunting 25,7%, underweight 30%, wasting 25,7%, dan pola demokratis 72,9%. Hasil bivariat menunjukkan tidak terdapat korelasi yang signifikan antara status gizi dengan IQ (P-value = 0.565).  Sementara itu, terdapat korelasi yang signifikan antara pola asuh dengan IQ (P-value = 0,004; koefisien korelasi = 0,341). Ditemukan bahwa hanya pola asuh yang berkorelasi dengan kecerdasan intelektual. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan pola asuh yang tepat akan meningkatkan kecerdasan intelektual anak.


Kata kunci :  Kecerdasan intelektual, status gizi, stunting, pola asuh, Bojongsari

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-09-25
How to Cite
HANIFAH, Mayang Putri et al. KORELASI STATUS GIZI DAN POLA ASUH DENGAN KECERDASAN INTELEKTUAL PESERTA DIDIK SDN 04 BOJONGSARI. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 13, n. 9, p. 86-92, sep. 2024. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/112284>. Date accessed: 24 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2024.V13.i09.P15.