PERBANDINGAN AKURASI DIAGNOSTIK RADIOGRAFI PRONE CROSSTABLE LATERAL VIEW DENGAN ULTRASONOGRAFI TRANSPERINEAL DALAM MENENTUKAN LETAK MALFORMASI ANOREKTAL

  • Muhammad Fadhil Resident of Radiology Departmen Faculty of Medicine, Hasanuddin University, Makassar, Indonesia
  • Bachtiar Murtala Department of Radiology Faculty of Medicine, Hasanuddin University Makassar-Indonesia
  • Rafikah Rauf Specialist and Consultant in the Department of Radiology, Faculty of Medicine, Hasanuddin University
  • Andi Alfian Zainuddin Department of Public Health, Faculty of Medicine, Hasanuddin University, Makassar, Indonesia

Abstract

Malformasi anorektal (MAR) merupakan spektrum luas dari kelainan pembentukan anus dan rektum mulai dari stenosis hingga agenesis anorektal. Adapun prevalensi MAR di seluruh dunia 1 per 5000 kelahiran hidup walaupun pada beberapa wilayah tertentu ditemui lebih banyak. Pendekatan radiografi dan ultrasonografi dalam menentukan letak malformasi anorectal sangat berguna dalam membantu menentukan Tindakan operasi baik melalui limited PSARP ataupun dengan colostomy. Penelitian ini bertujuan menentukan perbandingan akurasi diagnostic radiografi prone cross table lateral view dengan ultrasonografi dalam menentukan letak malformasi anorectal. Sample penelitian adalah semua pasien yang didiagnosa malformasi anorectal di Rumah Sakit Dr. Wahidin Sudirohusodo dan Rumah Sakit Universitas Hasanuddin Makassar dari bulan Desember 2022 hingga Agustus 2023 dengan jumlah sampel sebanyak 35 sampel yang memenuhi kriteria inklusi. Uji statistik menggunakan ROC curve dan AUC untuk menentukan cutoff dari MAR serta dilakukan perhitungan sensitivitas, spesifitas, NPV, dan PPV. Pada penelitian ini untuk radiografi didapatkan nilai sensitivitas 100%, spesifisitas 85.7 %, nilai prediksi positif (PPV) 97%, Nilai Prediksi negatif (NPV) 100% dan akurasi 96%. Pada penelitian ini untuk ultrasonografi didapatkan nilai sensitivitas 100%, spesifisitas 85.7 %, nilai prediksi positif (PPV) 97%, Nilai Prediksi negatif (NPV) 100% dan akurasi 96%. Disimpulkan bahwa Akurasi diagnostik radiografi prone cross-table lateral view sebanding dengan ultrasonografi transperineal dalam menentukan letak malformasi anorectal.


Kata Kunci : Malformasi anorektal, radiografi prone cross-table lateral view, ultrasonografi transperineal

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Bachtiar Murtala, Department of Radiology Faculty of Medicine, Hasanuddin University Makassar-Indonesia

Department of Radiology Faculty of Medicine, Hasanuddin University Makassar-Indonesia

Rafikah Rauf, Specialist and Consultant in the Department of Radiology, Faculty of Medicine, Hasanuddin University

Specialist and Consultant in the Department of Radiology, Faculty of Medicine, Hasanuddin University

Andi Alfian Zainuddin, Department of Public Health, Faculty of Medicine, Hasanuddin University, Makassar, Indonesia

3Department of Public Health, Faculty of Medicine, Hasanuddin University, Makassar, Indonesia

Published
2024-06-09
How to Cite
FADHIL, Muhammad et al. PERBANDINGAN AKURASI DIAGNOSTIK RADIOGRAFI PRONE CROSSTABLE LATERAL VIEW DENGAN ULTRASONOGRAFI TRANSPERINEAL DALAM MENENTUKAN LETAK MALFORMASI ANOREKTAL. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 13, n. 6, p. 6-10, june 2024. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/109317>. Date accessed: 30 june 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2024.V13.i06.P02.