THE EFFECT OF DIRECT INSTRUCTIONAL TRAINING MODEL ON BREASTFEEDING PREPARATION KNOWLEDGE AND SKILLS IN PREGNANT WOMEN AT IDAMAN PADANG CLINIC

  • fitra afrida amna stikes syedza saintika

Abstract

Latar Belakang: Persiapan menyusui merupakan pengetahuan dan keterampilan pada ibu hamil untuk memberikan ASI pada bayi tanpa tambahan makanan atau minumam apapun kecuali obat dan vitamin, selama 6 bulan berturut-turut. Kasus rendahnya pengetahuan dan keterampilan persiapan menyusui pada ibu hamil setiap tahun meningkat. Berdasarkan  Data  dan  Informasi  Profil  Kesehatan Indonesia tahun 2022 cakupan ASI Eksklusif meningkat menjadi 55,4 % namun data dari Dinkes Kota Padang tahun 2022 angka cakupan ASI Eksklusif sebesar 73,7%. Hal ini jauh dibawah target nasional sebesar 80%. Persiapan  pemberian  ASI sebaiknya  mulai  dilakukan saat  ibu hamil  secara fisik dengan  cara  memperhatikan  nutrisi,  istirahat  cukup,  serta  mempersiapkan  payudara  dengan melakukan perawatan payudara. Persiapan secara psikologis dengan meyakini bahwa dirinya siap untuk menyusui, mampu menghasilkan ASI yang cukup untuk bayinya serta mendapat dukungan dari  lingkungan  sekitar  dan  petugas  kesehatan. Tujuan: Untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu hamil tentang persiapan menyusui menggunakan model Pelatihan Direct Instructional yang merupakan salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu hamil tentang persiapan menyusui, agar ibu hamil memiliki pengetahuan dasar untuk menghasilkan ASI yang baik. Metode: Penelitian ini menggunakan quasi ekperimen. Data menggunakan kuisioner dan lembar observasi. Uji statistik menggunakan uji t-test. Analisis data disajikan untuk mengambarkan Pengaruh Pelatihan Model Direct Instructional Terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Ibu Hamil tentang Persiapan Menyusui Di Klinik Idaman Kota Padang. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ada perbedaan pengetahuan dan keterampilan ibu hamil dalam mempersiapkan diri menyusui setelah diberikan pelatihan direct instructional (p = 0.000). Kesimpulan: Penelitian diharapkan dapat memberikan manfaat secara langsung dengan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu hamil dalam mempersiapkan diri untuk menyusui sebelum melahirkan, serta meningkatkan angka pemberian ASI eksklusif pada bayi di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-15
How to Cite
AMNA, fitra afrida. THE EFFECT OF DIRECT INSTRUCTIONAL TRAINING MODEL ON BREASTFEEDING PREPARATION KNOWLEDGE AND SKILLS IN PREGNANT WOMEN AT IDAMAN PADANG CLINIC. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 13, n. 3, p. 51-57, mar. 2024. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/106386>. Date accessed: 28 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2024.V13.i03.P08.