KORELASI NEUTROPHIL TO LYMPHOCYTE RATIO DAN VOLUME PERDARAHAN MENGGUNAKAN COMPUTED TOMOGRAPHY (CT SCAN) KEPALA PADA PASIEN STROKE INTRACEREBRAL HEMORRHAGE AKUT

  • Nola Tiorisman Program Studi Ilmu Radiologi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Makassar-Indonesia
  • Junus Baan Program Studi Ilmu Radiologi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Makassar-Indonesia
  • Sri Asriyani Program Studi Ilmu Radiologi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Makassar-Indonesia
  • Andi Alfian Zainuddin Program Studi Ilmu Radiologi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Makassar-Indonesia

Abstract

Pendahuluan : Stroke merupakan keadaan darurat neurologis yang serius dan dapat menyebabkan kematian. Stroke merupakan tanda-tanda klinis gangguan fungsi otak fokal (atau global dalam kasus koma) yang berkembang cepat, yang berlangsung lebih dari 24 jam dan disebabkan oleh vascular. Intracerebral Hemorrhage (ICH) merupakan jenis stroke perdarahan yang terjadi pada parenkim otak.


Metode: Desain Penelitian ini bersifat observasional analitik dengan pendekatan cross sectional menggunakan data sekunder dari rekam medis pasien perdarahan otak akut untuk menilai korelasi antara kadar Neutrophil to Lymphocyte Ratio (NLR) dan volume perdarahan pada CT scan kepala pasien Intracerebral Hemorrhage (ICH). Stroke adalah penyebab kematian nomor dua di dunia, yang mempengaruhi sekitar 13,7 juta orang dengan mortalitas sekitar 5,5 juta setiap tahun. Sekitar 87% merupakan stroke infark, dan prevalensi terus meningkat secara substansial.


Hasil: Penelitian ini terdiri dari 63 subjek menemukan bahwa 69,1% dari  pasien stroke hemoragik adalah berusia 46-59 tahun, sedangkan 30,9% berusia 15-45 tahun. pada pasien dengan trauma kepala dengan nilai OR 1,309 (IK95% = 1,254-1,367). Bukti menunjukkan bahwa neutrofil meningkat secara dramatis dalam darah tepi selama 48 jam awal setelah terjadi perdarahan intracranial.


Simpulan: Terdapat korelasi yang signifikan antara neutrophil to lymphocyte ratio (NLR) dengan volume perdarahan pasien ICH.Semakin  rendah  NLR  maka  semakin  sedikit  volume  perdarahan  yang ditemukan pada pasien ICH.Terdapat perbedaan yang signifikan antara rerata NLR pada kelompok ICH dengan kelompok non-ICH


Kata Kunci: neutrophil to lymphocyte ratio., Intracerebral Hemorrhage., CT scan., Stroke

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nola Tiorisman, Program Studi Ilmu Radiologi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Makassar-Indonesia

Program Studi Ilmu Radiologi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Makassar-Indonesia

Junus Baan, Program Studi Ilmu Radiologi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Makassar-Indonesia

Program Studi Ilmu Radiologi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Makassar-Indonesia

Sri Asriyani, Program Studi Ilmu Radiologi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Makassar-Indonesia

Program Studi Ilmu Radiologi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Makassar-Indonesia

Andi Alfian Zainuddin, Program Studi Ilmu Radiologi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Makassar-Indonesia

Program Studi Ilmu Radiologi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Makassar-Indonesia

Published
2023-07-12
How to Cite
TIORISMAN, Nola et al. KORELASI NEUTROPHIL TO LYMPHOCYTE RATIO DAN VOLUME PERDARAHAN MENGGUNAKAN COMPUTED TOMOGRAPHY (CT SCAN) KEPALA PADA PASIEN STROKE INTRACEREBRAL HEMORRHAGE AKUT. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 12, n. 7, p. 94-100, july 2023. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/106124>. Date accessed: 12 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2023.V12.i07.P14.