EKSPRESI RECEPTOR ACTIVATOR OF NF-?B LIGAND (RANKL) TINGGI DAN STATUS MENOPAUSE SEBAGAI FAKTOR RISIKO METASTASIS TULANG PADA LOCALLY ADVANCED BREAST CANCER (LABC) SUBTIPE LUMINAL

  • Rika Christina Tarigan Patologi Anatomik

Abstract

Metastasis tulang pada Locally Advanced Breast Cancer (LABC) subtipe luminal menunjukkan prognosis yang buruk dan sulit terdeteksi pada tahap awal. Salah satu faktor yang berperan dalam metastasis tulang pada kanker payudara adalah Receptor Activator of NF-?B Ligand (RANKL). Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa ekspresi RANKL tinggi merupakan faktor risiko terjadinya metastasis tulang pada kasus LABC subtipe luminal. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan kasus kontrol tidak berpasangan. Subyek yang digunakan yaitu pasien LABC subtipe luminal dengan dan tanpa metastasis tulang yang dilakukan pemeriksaan patologi anatomi di RSUP Prof. Dr. I.G.N.G. Ngoerah dari 1 Januari 2016 hingga 31 Desember 2022. Evaluasi ekspresi RANKL dilakukan dengan pemeriksaan imunohistokimia. Tingkat ekspresi RANKL ditentukan dengan H-score dilanjutkan dengan analisis regresi logistik multipel untuk menilai faktor risiko ekspresi RANKL terhadap metastasis tulang. Pada penelitian ini terdapat 15 kasus dan 30 kontrol dengan perbandingan 1:2, didapatkan hasil ekspresi RANKL dan status menopause merupakan faktor risiko terjadinya metastasis tulang. Ekpresi RANKL memiliki risiko lebih tinggi (AOR= 19,5; p= 0,003) sedangkan status menopause memiliki risiko yang lebih rendah (AOR=6,7; p= 0,034). Ekspresi RANKL tinggi dan status menopause adalah faktor risiko terjadinya metastasis tulang pada pasien LABC subtipe luminal dan diharapkan dapat menjadi acuan untuk memprediksi kejadian metastasis tulang.


Kata Kunci: LABC, luminal, metastasis tulang, RANKL

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-07-10
How to Cite
TARIGAN, Rika Christina. EKSPRESI RECEPTOR ACTIVATOR OF NF-?B LIGAND (RANKL) TINGGI DAN STATUS MENOPAUSE SEBAGAI FAKTOR RISIKO METASTASIS TULANG PADA LOCALLY ADVANCED BREAST CANCER (LABC) SUBTIPE LUMINAL. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 12, n. 5, p. 118-125, july 2023. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/100829>. Date accessed: 13 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2023.V12.i05.P17.