SULFORAPHANE: AGEN ANTIKANKER DAN KEMOPREVENTIF POTENSIAL SEBAGAI TERAPI ALTERNATIF PADA PASIEN ACUTE MYELOID LEUKEMIA

  • Akmal Jauhari Irfan Program Studi Sarjana Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Brawijaya, Malang, Indonesia
  • Valencia Hana Wijaya Program Studi Sarjana Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Brawijaya, Malang, Indonesia

Abstract

ABSTRAK


Pendahuluan: Acute Myeloid Leukemia (AML) merupakan keganasan hematologi dengan ciri khas produksi berlebihan dari sel punca myeloid di sumsum tulang belakang. Meskipun merupakan keganasan yang langka, AML merupakan leukemia dengan prognosis buruk sehingga perlu penanganan yang lebih intensif. Terapi utama seperti terapi induksi dan transplantasi sel punca telah banyak berkembang, namun memiliki kekurangan yakni memerlukan biaya mahal serta memiliki risiko efek samping yang besar. Sulforaphane, zat herbal dari tanaman brokoli muda, merupakan agen yang potensial dalam mengatasi beberapa jenis kanker. Tujuan studi ini adalah untuk meninjau manfaat sulforaphane serta potensi antimitotik dan kemopreventif pada pasien kanker AML.


Pembahasan: Secara umum, sulforaphane memberikan efek antikanker dengan menginduksi apoptosis sel kanker, ferroptosis dan pembentukan imunitas antikanker, diferensiasi sel myeloid, dan kontrol proliferasi sel. Efek antikanker telah diteliti dengan adanya penurunan kadar miR-155 dan miR-181a sebagai penanda biologis AML, diikuti penurunan viabilitas sel kanker AML. Efek kemopreventif sulforaphane bekerja dengan menghambat enzim metabolisme obat sitokrom P450 fase I dan menginduksi fase II melalui aktivasi transkripsi gen Nrf2, yang umumnya terlibat dalam proses antioksidatif.


Simpulan: Sulforaphane terbukti memiliki efek antikanker dan kemopreventif pada pasien AML. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas klinis dalam manajemen AML, farmakokinetik, efek samping, interaksi obat, dan dosis yang aman terhadap pasien AML.


Kata kunci: Sulforaphane, AML, Antikanker, Kemopreventif

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-02
How to Cite
IRFAN, Akmal Jauhari; WIJAYA, Valencia Hana. SULFORAPHANE: AGEN ANTIKANKER DAN KEMOPREVENTIF POTENSIAL SEBAGAI TERAPI ALTERNATIF PADA PASIEN ACUTE MYELOID LEUKEMIA. Essential: Essence of Scientific Medical Journal, [S.l.], v. 21, n. 1, p. 52-57, dec. 2023. ISSN 2655-6472. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/essential/article/view/99872>. Date accessed: 28 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/essential.v21i1.99872.