EFEKTIVITAS FORMULASI EUGENOL EKSTRAK DAUN KAYU MANIS (CINNAMOMUM VERUM) DALAM SEDIAAN NASAL SPRAY PADA PNEUMONIA BAKTERIAL

  • I Wayan Cahya Mahastya Udayana University
  • Ni Putu Eka Frastika Sari
  • Ni Made Ersi Dwitami Barsua
  • Ni Made Ersi Dwitami Barsua

Abstract

Pendahuluan: Pneumonia merupakan penyakit infeksi bakteri, virus, maupun jamur pada saluran pernafasan yang menyerang alveolus. Penanganan antibiotik pneumonia sering kali menyebabkan terjadinya suatu resistensi sehingga disperlukan suatu modalitas baru yang bisa menjadi alternatif antibiotik sekaligus antiinflamasi. Terdapat suatu senyawa eugenol pada daun kayu manis (Cinnamomum verum) yang memiliki spesifitas tersebut.


Pembahasan: Pada pneumonia, antibakteri pada eugenol akan terjadi karena mekanisme pada membran sel bakteri dan menimbulkan sitotoksisitas pada DNA bakteri penyebab pneumonia. Sedangkan, sebagai antiinflamasi, eugenol akan berpengaruh terhadap migrasi leukosit, polimorfonuklear (PMN), dan makrofag. Penggunaan nasal spray dapat dijadikan pilihan alternatif yang baik dalam memberikan ekstrak eugenol pada pastien pneumonia karena mukosa nasal yang penuh dengan pembuluh darah memiliki daya absorbsi yang sangat baik.


Simpulan: Dengan demikian, efek antiinflamasi yang terdapat pada eugenol dapat mencapai siklus sistemik dan efek antibakteri mampu meminimalisasi bakteri penyebab pneumonia di sekitar sistem pernapasan.


 


Kata kunci: Cinnamomum verum, Eugenol, Nasal spray, dan Pneumonia

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-02-22
How to Cite
MAHASTYA, I Wayan Cahya et al. EFEKTIVITAS FORMULASI EUGENOL EKSTRAK DAUN KAYU MANIS (CINNAMOMUM VERUM) DALAM SEDIAAN NASAL SPRAY PADA PNEUMONIA BAKTERIAL. Essential: Essence of Scientific Medical Journal, [S.l.], v. 20, n. 2, p. 76-80, feb. 2023. ISSN 2655-6472. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/essential/article/view/92945>. Date accessed: 10 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/essential.v20i2.92945.