PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN EFIKASI DIRI MENGAJAR TERHADAP STRES GURU PENDIDIKAN KHUSUS SISWA TUNAGRAHITA DI SLB BALI
Abstract
ABSTRAK
Pendahuluan: Stres adalah respon diri, baik secara fisik dan psikis terhadap tekanan internal atau eksternal. Banyak penelitian yang menunjukkan adanya stres pada guru, termasuk guru pendidikan khusus sekolah luar biasa (SLB) bagi siswa tunagrahita. Permasalahan stres yang terjadi berkaitan dengan komunikasi interpersonal guru dengan orang tua siswa dan efikasi diri guru dalam mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran komunikasi interpersonal dan efikasi diri mengajar terhadap stres yang dimiliki guru pendidikan khusus siswa tunagrahita di SLB Bali.
Metode: Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling, dengan jenis purposive sampling. Partisipan dalam penelitian ini adalah 60 guru pendidikan khusus tunagrahita pada tiga wilayah dengan jumlah guru pendidikan khusus tunagrahita terbanyak di Bali. Instrumen dalam penelitian ini adalah skala PSS-10, skala komunikasi interpersonal, dan skala TSES.
Hasil: Analisis regresi berganda menunjukkan komunikasi interpersonal dan efikasi diri mengajar menjelaskan 69,3% variasi stres (F=62,427, p<0,001). Komunikasi interpersonal dan efikasi diri mengajar dapat memprediksi penurunan kondisi stres.
Pembahasan: Hipotesis penelitian ini diterima, variabel bebas berperan terhadap variabel terikat secara simultan maupun parsial.
Simpulan: Komunikasi interpersonal dan efikasi diri mengajar berperan menurunkan stres guru pendidikan khusus siswa tunagrahita di SLB Bali. Hasil penelitian ini diharapkan memiliki implikasi secara teoritis dan praktis untuk pihak terkait dalam upaya penurunan stres pada guru pendidikan khusus siswa tunagrahita.
Kata kunci: Efikasi Diri Mengajar, Guru Pendidikan Khusus, Komunikasi Interpersonal, Stres, dan Tunagrahita
Downloads
References
Hidayat Z, Tinggi S, Widya IE, Lumajang G. Pengaruh Stres Dan Kelelahan Kerja Terhadap Kinerja Guru Smpn 2 Sukodono Di Kabupaten Lumajang. 2016.
Dewi CF. Penyebab Dan Manifestasi Stres Pada Kelompok Guru Smk Di Ruteng, Kabupaten Manggarai. Jurnal Wawasan Kesehatan. 2020;5(1):1–5.
Tua N, Gaol L. Educational Guidance and Counseling Development Jounal Faktor-Faktor Penyebab Guru Mengalami Stres di Sekolah. Educational Guidance and Counseling Development Jounal. 2021;4(1):17–28.
Tarnoto N. Permasalahan-Permasalahan Yang Dihadapi Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi Pada Tingkat SD nissa tarnoto. Humanitas (Monterey N L). 2014;13(1):50–61.
AAIDD. Frequently Asked Questions on Intellectual Disability and the AAIDD Definition. American Association on Intellectual and Developmental Disabilities [Internet]. 2008; Available from: https://aaidd.org/docs/default-source/sis-docs/aaiddfaqonid_template.pdf?sfvrsn=9a63a874_2
AAIDD. Defining Criteria for Intellectual Disability [Internet]. 2022 [cited 2022 Apr 18]. Available from: https://www.aaidd.org/intellectual-disability/definition.
Alfian AR, Zahra R, Sari PN, Azkha N. Analisis Manajemen Stres Kerja Pada Pengajar Sekolah Luar Biasa ( Slb ) Negeri 1 Padang Tahun 2020. 2020;(17112163):275–82.
DeVito JA. The Interpersonal Communication Book [Internet]. 14th ed. Essex: Pearson Education Limited; 2016 [cited 2022 May 7]. 1–207 p. Available from: https://slims.bakrie.ac.id/repository/f7d4f28f39e8b9d8cb794f6c4eb9cb0f.pdf
Bandura A. Self-Efficacy. Encyclopedia of human behavior. 1994;4:71–81.
Tschannen-Moran M, Hoy AW, Hoy WK. Teacher efficacy: Its meaning and measure. Rev Educ Res. 1998;68(2):202–48.
Wicoro TB. Hubungan Efikasi Diri dan Motivasi Mengajar Guru Sekolah Dasar [Internet]. Universitas Islam Indonesia. 2018. Available from: https://doi.org/10.1016/j.gecco.2019.e00539%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.foreco.2018.06.029%0Ahttp://www.cpsg.org/sites/cbsg.org/files/documents/Sunda Pangolin National Conservation Strategy and Action Plan %28LoRes%29.pdf%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.forec
Gómez-Domínguez V, Navarro-Mateu D, Prado-Gascó VJ, Gómez-Domínguez T. How Much Do We Care about Teacher Burnout during the Pandemic: A Bibliometric Review. Int J Environ Res Public Health. 2022 Jun 1;19(12).
Prilleltensky I, Neff M, Bessell A. Teacher Stress: What It Is, Why It’s Important, How It Can be Alleviated. Theory Pract. 2016 Apr 2;55(2):104–11.
Hutagalung I. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Komunikasi Interpersonal, Komitmen Organisasi terhadap Manajemen Stres Kerja.
Kurowicka E. The journal has had 7 points in Ministry of Science and Higher Education parametric evaluation. Journal of Education [Internet]. 2018;8(12):2391–8306. Available from: http://dx.doi.org/10.5281/zenodo.2553091
Skaalvik EM, Skaalvik S. Teacher Stress and Teacher Self-Efficacy: Relations and Consequences. In 2017. p. 101–25.
Sari RP, Handayani A. Hubungan Efikasi Diri Dan Stres Kerja Pada Guru Sekolah Luar Biasa Negeri Semarang. 2017;12(2):53–8.