PERAN WORD OF MOUTH MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA KONSUMEN INDIHOME DI KOTA DENPASAR)
Abstract
Era Globlisasi mengakibatkan kebutuhan terhadap internet sangat tinggi. Banyaknya perusahaan membuat persaingan semakin ketat sehingga penting untuk memperhatikan hal-hal yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan peran word of mouth memediasi pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada konsumen Indihome di Kota Denpasar. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel yang digunakan adalah 100 responden. Metode pengumpulan data adalah metode survei dengan menggunakan kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan teknik Path Analysis, Uji Sobel, dan Uji VAF. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian; kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap word of mouth; word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian; word of mouth merupakan variabel mediasi secara parsial pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada konsumen Indihome di Kota Denpasar.