PENGARUH LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, STRUKTUR ASET DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE
Abstract
Nilai perusahaan yang tinggi mengindikasikan tingkat kemakmuran yang tinggi dari para pemegang saham dalam suatu perusahaan, oleh karena itu manajer perusahaan akan terus meningkatkan nilai perusahaannya untuk menarik minat investor untuk berinvestasi pada perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh leverage, ukuran perusahaan, struktur aset dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan di perusahaan food and beverage di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2021. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 18 perusahaan dari jumlah populasi sebanyak 32 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda yang diolah dengan bantuan program IBM SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, struktur aset tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dan profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Implikasi hasil penelitian ini diharapkan agar manajemen perusahaan dan investor diharapkan memperhatikan variabel yang mempengaruhi nilai perusahaan.