PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY. TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh pengungkapan corporate social responsibility secara langsung maupun tidak langsung terhadap nilai perusahaan dengan menggunakan profitabilitas sebagai variabel intervening. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan sektor energy yang terdaftar di BEI tahun 2019-2021. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 72 amatan dalam 3 tahun pengamatan dengan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan corporate social responsibility berpengaruh positif terhadap profitabilitas, pengungkapan corporate social responsibility dan profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, dan hasil uji sobel menyatakan bahwa profitabilitas mampu memediasi secara parsial hubungan antara pengungkapan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan. Peneliti selanjutnya diharapkan untuk dapat menambah periode tahun dalam penelitian misalnya selama 5-10 tahun, agar dapat memberikan variasi penelitian yang lebih beragam, serta disarankan untuk mencoba memperbanyak jumlah sampel, yaitu seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan menambahkan minimal satu variabel baru yang dapat mempengaruhi nilai perusahaan yang belum digunakan pada penelitian ini.