PERAN KEPUASAN KERJA PEGAWAI MEMEDIASI PENGARUH PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (STUDI PADA DINAS KOPERASI DAN UKM KABUPATEN GIANYAR)
Abstract
Peran perilaku ekstra atau organizational citizenship behavior merupakan hal yang penting untuk mendorong kemajuan dari sebuah organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepuasan kerja dalam memediasi pengaruh perceived organizational support terhadap organizational citizenship behavior. Sampel yang diambil sebanyak 46 orang pegawai non ASN Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Gianyar dan menggunakan sampel jenuh. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara serta kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis), uji sobel dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa POS berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB, POS berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB, kepuasan kerja berperan positif dan signifikan dalam memediasi POS terhadap OCB. Hasil penelitian ini memberikan implikasi teori pertukaran sosial, khususnya pada pihak pimpinan untuk lebih memperhatikan kepuasan kerja pegawai dan POS agar dapat meningkatkan OCB.