PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN DALAM MEMODERASI HUBUNGAN ANTARA PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN PERSEPSI INVESTOR
Abstract
Perusahaan semakin menyadari bahwa keberlangsungan hidupnya tergantung pada hubungan perusahaan dengan masyarakat dan lingkungan tempat perusahaan beroperasi. Pengungkapan corporate social responsibility (CSR) merupakan tindakan yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk mengintegrasikan aspek sosial dan lingkungan ke dalam operasi bisnis secara berkelanjutan guna menyeimbangkan kepentingan dan kesejahteraan stakeholders. Penelitian ini menguji apakah karakteristik perusahaan memoderasi pengaruh pengungkapan CSR, pada persepsi investor di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2011 sampai dengan 2012. Metode pemilihan sampel menggunakan purposive sampling pada perusahaan yang terdaftar dalam Indeks Kompas 100 dengan 169 pengamatan.
Data dianalisis dengan menggunakan moderated regression analysis. Model regresi telah lulus uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukan bahwa karakteristik perusahaan memoderasi hubungan antara pengungkapan CSR dan persepsi investor.