PENGARUH PROMOSI PESAING, KETIDAKPUASAN DAN KEBUTUHAN MENCARI VARIASI TERHADAP PERALIHAN MEREK PROVIDER XYZ DI KOTA DENPASAR

  • Pande Ketut Adi Yoga Prasetyo Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali, Indonesia
  • I Gde Ketut Warmika Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali, Indonesia

Abstract

Peningkatan pengguna internet di Indonesia sangat pesat terjadi, Fenomena covid-19 menjadi salah satu penyebab meningkatnya pengguna internet di Indonesia. Namun, peningkatan pengguna internet di Indonesia tidak sejalan dengan peningkatan pengguna provider XYZ. Penyedia XYZ justru mengalami penurunan pengguna yang signifikan pada tahun 2021, yakni sebesar 3,4 persen (Databoks.Kotadata (2021).Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel ditentukan dengan menggunakan model non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Purposive sampling dengan sampel pada penelitian ini berjumblah 100 responden yang merupakan mantan pengguna provider XYZ di Kota Denpasar selama tiga tahun terakhir Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan program SPSS for Windows.Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh promosi pesaing, ketidakpuasan, dan kebutuhan mencari variasi terhadap peralihan merek provider XYZ di Kota Denpasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua hipotesis diterima. Promosi pesaing, ketidakpuasan, kebutuhan untuk mencari variasi secara parsial atau simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap peralihan merek.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-01
How to Cite
PRASETYO, Pande Ketut Adi Yoga; WARMIKA, I Gde Ketut. PENGARUH PROMOSI PESAING, KETIDAKPUASAN DAN KEBUTUHAN MENCARI VARIASI TERHADAP PERALIHAN MEREK PROVIDER XYZ DI KOTA DENPASAR. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 396-404, mar. 2024. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/91903>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2024.v13.i02.p19.
Section
Articles