PENGARUH MOTIVASI DIRI, LINGKUNGAN KELUARGA, EKSPETASI PENDAPATAN DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA AKUNTANSI

  • Teresia Novianti Wardan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali, Indonesia
  • I Wayan Pradnyantha Wirasedana Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali, Indonesia

Abstract

Ketidakseimbangan jumlah lapangan pekerjaan dengan pencari kerja menyebabkan tingginya angka pengangguran. Untuk mengatasi pengangguran dapat dilakukan salah satunya melalui wirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi diri, lingkungan kerluarga, ekspektasi pendapatan, dan pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Program Studi S1 Akuntansi. Penelitian ini menggunakan metode kunatitatif dengan sampel sebanyak 70 mahasiswa Program Studi S1 Akuntansi FEB UNud. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan motivasi diri, lingkungan keluarga, ekspektasi pendapatan, dan pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa berwirausaha. Secara parsial motivasi diri dan pendidikan kewirausahaan berpengaruh psoitif dan signifikan terhadap minat mahasiswa untuk berwirausaha, sementara lingkungan keluarga dan ekspektasi pendapatan berpengaruh positif namun tdak signifikan terhadap minat mahasiswa untuk berwirausaha. Diharapkan lingkungan mahasiswa baik dari keluarga maupun lingkungan kampus dapat mendukung minat mahasiswa untuk menjadi wirausaha sehingga minat mahasiswa Program Studi S1 Akuntansi untuk berwirausaha akan meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-05-01
How to Cite
WARDAN, Teresia Novianti; WIRASEDANA, I Wayan Pradnyantha. PENGARUH MOTIVASI DIRI, LINGKUNGAN KELUARGA, EKSPETASI PENDAPATAN DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA AKUNTANSI. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 823-830, may 2024. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/90681>. Date accessed: 17 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2024.v13.i04.p17.
Section
Articles