PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA AGRESIVITAS PAJAK DAN MANAJEMEN LABA SEBAGAI PEMODERASI
Abstract
Agresivitas pajak merupakan suatu tindakan yang bertujuan untuk menurunkan laba kena pajak melalui perencanaan pajak. Praktik agresivitas pajak dengan menghindari pembayaran pajak atau membuat rendah beban pajak yang dibayarkan secara signifikan akan memperoleh keuntungan, sehingga jumlah kas yang dinikmati pemilik/pemegang saham dalam perusahaan menjadi lebih besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dengan melakukan pengujian secara empiris pengaruh interaksi antara Corporate Social Responsibility dan manajemen laba pada agresivitas pajak. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2017-2019. Penentuan jumlah sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan kriteria tersebut, jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 28 sampel perusahaan dengan 84 data amatan. Data dianalisis dengan menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Corporate Social Responsibility berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Agresivitas Pajak dan Manajemen laba menjadi variabel moderating yang memperlemah efek negatif pengaruh corporate social responsibility terhadap agresivitas pajak.