PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI PEMODERASI

  • Anak Agung Istri Myanda Krisna Wardhani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali, Indonesia
  • Maria Mediatrix Ratna Sari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali, Indonesia

Abstract

Nilai perusahaan adalah harga yang bersedia dibayar oleh calon pembeli andai perusahaan tersebut dijual. Sebuah perusahaan yang dinilai menguntungkan akan lebih banyak mendapat perhatian dari para investor, yang hal ini dapat dilihat dari jumlah investor yang menanamkan sahamnya di perusahaan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh pengungkapan CSR terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan sebagai variabel moderasi. Penelitian ini dilakukan di perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel perusahaan adalah 21 perusahaan dengan 3 tahun pengamatan, maka diperoleh 63 pengamatan. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan metode dokumentasi. Setelah data dikumpulkan, kemudian dianalisis menggunakan Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengungkapan CSR berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan, Profitabilitas tidak mampu memoderasi Pengungkapan CSR terhadap Nilai Perusahaan, dan Ukuran Perusahaan memoderasi memperkuat Pengungkapan CSR terhadap Nilai Perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-31
How to Cite
KRISNA WARDHANI, Anak Agung Istri Myanda; RATNA SARI, Maria Mediatrix. PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI PEMODERASI. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 567-576, mar. 2024. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/90150>. Date accessed: 02 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2024.v13.i03.p13.
Section
Articles