PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DIMODERASI OLEH KECERDASAN ADVERSITY DAN MEDIA OASE UNUD

  • Anak Agung Ngurah Darma Suwindra Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali, Indonesia
  • Ida Bagus Putra Astika Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali, Indonesia

Abstract

Pendidikan akuntansi di universitas bertujuan untuk menjadi akuntan professional yang memiliki tidak hanya cukup pengetahuan tetapi juga cakap dalam kemampuan di bidang akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris pengaruh moderasi kecerdasan adversity terhadap pengaruh kemudahan media pembelajaran daring OASE Unud pada tingkat pemahaman akuntansi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa akuntansi aktif angkatan 2018 Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana dan menggunakan OASE Unud dalam proses perkuliahannya. Penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel yang dibutuhkan dalam penelitian ini, yakni sebanyak 88 responden, tetapi telah dibulatkan hingga 90 responden terdekat. Metode analisis yang digunakan adalah analisis moderasi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan pada bab sebelumnya, maka dapat ditarik simpulan sebagai berikut. minat belajar berpengaruh positif signifikan terhadap pemahaman akuntansi, kecerdasan adversity dapat memoderasi pengaruh minat belajar terhadap pemahaman akuntansi secara signifikan dan Kemudahan TI OASE Unud dapat memoderasi pengaruh minat belajar terhadap pemahaman akuntansi secara signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-31
How to Cite
SUWINDRA, Anak Agung Ngurah Darma; ASTIKA, Ida Bagus Putra. PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DIMODERASI OLEH KECERDASAN ADVERSITY DAN MEDIA OASE UNUD. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 498-508, mar. 2024. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/89479>. Date accessed: 04 july 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2024.v13.i03.p07.
Section
Articles