PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE DAN MODAL INTELEKTUAL PADA NILAI PERUSAHAAN

  • Ni Luh Putu Sri Rahayu Dewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali, Indonesia
  • Ni Putu Sri Harta Mimba Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali, Indonesia

Abstract

Tujuan utama perusahaan yang telah go public pada umumnya adalah memaksimalkan nilai perusahaan yang dapat dilihat dari tingginya harga saham. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh corporate social responsibility disclosure dan modal intelektual pada nilai perusahaan. Penelitian ini dilakukan di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan periode penelitian tahun 2017-2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor perdagangan, jasa dan investasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2019 yang mengungkapkan laporan tahunan dan corporate social responsibility sebanyak 90 perusahaan. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh sebanyak 22 perusahaan dengan 56 sampel (amatan). Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode non probablility sampling dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa corporate social responsibility disclosure berpengaruh negatif pada nilai perusahaan. Sedangkan modal intelektual tidak berpengaruh pada nilai perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-29
How to Cite
RAHAYU DEWI, Ni Luh Putu Sri; HARTA MIMBA, Ni Putu Sri. PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE DAN MODAL INTELEKTUAL PADA NILAI PERUSAHAAN. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 228-237, feb. 2024. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/88969>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2024.v13.i02.p03.
Section
Articles