PENGARUH KEMASAN DAN HARGA TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN PADA PERUSAHAAN POD CHOCOLATE
Abstrak
Niat beli dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti pendapatan yang diharapkan, harga yang diharapkan, dan manfaat produk yang diharapkan. Kemasan yang menarik adalah salah satu cara pelaku usaha untuk menarik niat beli konsumennya. Harga juga mempengaruhi niat beli konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh kemasan dan harga terhadap niat beli pada perusahaan POD Chocolate. Desain penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang berbentuk asosiatif. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar. Metode penentuan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 90 responden seluruh masyarakat Kota Denpasar yang belum pernah membeli produk POD Chocolate. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kemasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, (2) Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu perusahaan Pod Chocolate dan perusahaan cokelat lainnya untuk mempertahankan pelanggan dan meningkatkan pelanggan potensial dengan mengetahui apa yang menyebabkan niat beli konsumen