IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY BERDASARKAN KONSEP TRI HITA KARANA PADA HOTEL BALI TROPIC NUSA DUA

  • Putu Raynatha Ugra Pandita Budi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali, Indonesia
  • I Gusti Ayu Nyoman Budiasih Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali, Indonesia

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan konsep mengenai usaha yang dijalankan suatu lembaga/perusahaan sebagai kewajiban pada stakeholders, dan lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi CSR berdasarkan konsep Tri Hita Karana pada Hotel Bali Tropic Nusa Dua. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berbentuk deskriptif, di mana teknik penentuan sampelnya menggunakan beberapa kriteria. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode etnografi digunakan untuk memeroleh informasi yang lebih jauh dan utuh dari sudut pandang informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik CSR yang dilandasi oleh konsep Tri Hita Karana sudah dilakukan sesuai dengan filsofi THK yang menyebabkan tingkat kepercayaan masyarakat sekitar semakin meningkat, dan juga meningkatkan kesenjangan dan kesejahteraan bagi masyarakat yang menerima bantuan disekita Hotel Bali Tropic Nusa Dua.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-31
How to Cite
PANDITA BUDI, Putu Raynatha Ugra; BUDIASIH, I Gusti Ayu Nyoman. IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY BERDASARKAN KONSEP TRI HITA KARANA PADA HOTEL BALI TROPIC NUSA DUA. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 54-64, jan. 2024. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/88877>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2024.v13.i01.p05.
Section
Articles