FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA UNTUK BERINVESTASI DI PASAR MODAL
Abstract
Investasi di pasar modal dapat dijadikan pilihan untuk berinvestasi bagi seseorang yang ingin menanamkan modal yang dimiliki sekaligus mendorong perekonomian suatu negara. Namun, jumlah investor di Indonesia secara kuantitas masih jauh dari penduduk yang ada di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor - faktor yang mempengaruhi minat berinvestasi di pasar modal. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana pada mahasiswa S1 angkatan 2018-2019 yang sudah mengikuti mata kuliah teori pasar modal. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan sampel yang diperoleh sebesar 233 orang responden dengan teknik analisis data yaitu analisis regresi linier berganda. Berdasarkan analisis yang dilakukan maka dapat diketahui bahwa pengetahuan investasi, motivasi, lingkungan keluarga dan literasi keuangan berpengaruh positif terhadap minat investasi di pasar modal.