PENGARUH KEBIJAKAN HUTANG PADA NILAI PERUSAHAAN DENGAN GROWTH OPPORTUNITY SEBAGAI VARIABEL MODERASI
Abstract
Suatu perusahaan yang memiliki growth opportunity yang tinggi maka manajemen akan mencari modal atau hutang untuk sumber pendanaan perusahaan, sehingga dengan perusahaan yang memiliki proporsi hutang tinggi maka investor akan menilai bahwa perusahaan tersebut memiliki nilai perusahaan yang baik, karena salah satu pendanaan perusahaan berasal dari hutang bank maka dapat diindikasikan bahwa perusahaan tersebut memiliki prospek perusahaan yang baik sehingga yakin bisa mengembalikan pinjaman uang dari bank dimasa mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh growth opportunity terhadap kebijakan hutang pada nilai perusahaan di perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019. Penelitian ini menggunakan metode penentuan sampel Non-Probability Sampling yang melibatkan 15 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah Moderated Regression Analysis (MRA) yakni untuk menguji pengaruh variabel pemoderasi digunakan uji interaksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa growth opportunity mampu memoderasi pengaruh kebijakan hutang terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019.