PENGARUH PERPUTARAN MODAL KERJA, LIKUIDITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN

  • Kadek Chelsea Tanaya Adnya Pranita Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali, Indonesia
  • Ni Putu Ayu Darmayanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali, Indonesia

Abstract

Profitabilitas merupakan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan dan juga memberikan ukuran tingkat efektifitas manajemen suatu perusahaan. Perusahaan dapat memaksimalkan keuntungannya dengan mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi profitabilitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perputaran modal kerja, likuiditas, dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas pada perusahaan makanan dan minuman di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2016-2020. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah metode sampling jenuh, sehingga jumlah sampel yang diteliti sebanyak 15  perusahaan. Data dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perputaran modal kerja dan ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas, dan likuiditas berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas pada perusahaan makanan dan minuman di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-31
How to Cite
ADNYA PRANITA, Kadek Chelsea Tanaya; DARMAYANTI, Ni Putu Ayu. PENGARUH PERPUTARAN MODAL KERJA, LIKUIDITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 171-179, jan. 2024. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/87649>. Date accessed: 17 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2024.v13.i01.p16.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)