PENGARUH PRICE DISCOUNT TERHADAP ONLINE IMPULSE BUYING DENGAN POSITIVE EMOTION SEBAGAI VARIABEL MEDIASI
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan peran positive emotion dalam memediasi pengaruh price discount terhadap online impulse buying. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar. Jumlah populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah infinite (tidak terbatas). Sampel yang diambil sebanyak 110 responden melalui metode purposive sampling dan disebar menggunakan kuesioner google form dengan kriteria yang telah disesuaikan. Diukur dengan 11 indikator dan menggunakan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur dan uji sobel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh hipotesis diterima. Price discount berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap online impulse buying. Price discount berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap positive emotion. Positive emotion berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap online impulse buying. Positive emotion berperan secara signifikan dalam memediasi pengaruh price discount terhadap online impulse buying. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam meningkatkan online impulse buying, pihak manajemen Berry Benka diharapkan selalu memberikan strategi promosi berupa harga diskon untuk menyentuh hati konsumen dan menciptakan emosi yang positif ketika berbelanja.
							
							






