PERAN KEUNGGULAN BERSAING DALAM MEMEDIASI PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN
Abstrak
Kinerja pemasaran merupakan ukuran suatu perusahaan untuk mengetahui kebutuhan konsumen serta membangun hubungan dengan konsumen untuk mencapai tujuan organisasi dalam meraih laba perusahaan. Setiap usaha bisnis berkepentingan untuk membuktikan kinerja yang dicapai dengan standar pencapaian yang telah disusun dan disepakati bersama dalam organisasi. Standarisasi ukuran kinerja menjadi penting sebagai pedoman menilai kinerja suatu usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran keunggulan bersaing dalam memediasi pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran (studi pada UMKM pakaian jadi di kota denpasar). Penelitian ini menggunakan sampel sejumlah 50 UMKM pakaian jadi di Kota Denpasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik kuesioner dan wawancara dengan alat analisis statistik inferensial path analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran UMKM pakaian jadi di Kota Denpasar. Orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing UMKM pakaian jadi di Kota Denpasar. Keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran UMKM pakaian jadi di Kota Denpasar. Keunggulan bersaing merupakan variabel mediasi pengaruh antara orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran UMKM pakaian jadi di Kota Denpasar.
							
							






