PERAN KEUNGGULAN BERSAING DALAM MEMEDIASI PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN

  • I Made Yoga Wiratama Putra Feb Unud
  • Ni Made Wulandari Kusumadewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali, Indonesia
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/EEB.2023.v12.i04.p14

Abstrak

Kinerja pemasaran merupakan ukuran suatu perusahaan untuk mengetahui kebutuhan konsumen serta membangun hubungan dengan konsumen untuk mencapai tujuan organisasi dalam meraih laba perusahaan. Setiap usaha bisnis berkepentingan untuk membuktikan kinerja yang dicapai dengan standar pencapaian yang telah disusun dan disepakati bersama dalam organisasi. Standarisasi ukuran kinerja menjadi penting sebagai pedoman menilai kinerja suatu usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran keunggulan bersaing dalam memediasi pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran (studi pada UMKM pakaian jadi di kota denpasar). Penelitian ini menggunakan sampel sejumlah 50 UMKM pakaian jadi di Kota Denpasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik kuesioner dan wawancara dengan alat analisis statistik inferensial path analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran UMKM pakaian jadi di Kota Denpasar. Orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing UMKM pakaian jadi di Kota Denpasar. Keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran UMKM pakaian jadi di Kota Denpasar. Keunggulan bersaing merupakan variabel mediasi pengaruh antara orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran UMKM pakaian jadi di Kota Denpasar.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2023-04-30
##submission.howToCite##
WIRATAMA PUTRA, I Made Yoga; WULANDARI KUSUMADEWI, Ni Made. PERAN KEUNGGULAN BERSAING DALAM MEMEDIASI PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 733-741, apr. 2023. ISSN 2337-3067. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/86381>. Tanggal Akses: 04 nov. 2025 doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2023.v12.i04.p14.
Bagian
Articles