PENGARUH FAKTOR EKONOMI SOSIAL TERHADAP USIA SAAT MENIKAH PELAKU PERNIKAHAN USIA DINI PADA PEREMPUAN DI KABUPATEN GIANYAR

  • Putu Ayu Risma Aristyana Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali, Indonesia
  • A.A. Bagus Putu Widanta Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali, Indonesia
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/EEB.2023.v12.i04.p11

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh simultan tingkat pendidikan responden, tingkat pendidikan orang tua, hamil pranikah dan pendapatan orang tua terhadap usia saat menikah pelaku pernikahan usia dini pada perempuan di Kabupaten Gianyar dan untuk menganalisis pengaruh parsial tingkat pendidikan responden, tingkat pendidikan orang tua, hamil pranikah dan pendapatan orang tua terhadap usia saat menikah pelaku pernikahan usia dini pada perempuan di Kabupaten Gianyar. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 Istri PUS. Teknik analisis data yang digunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Secara simultan tingkat pendidikan responden, tingkat pendidikan orang tua, hamil pranikah dan pendapatan orang tua berpengaruh signifikan terhadap usia saat menikah pelaku pernikahan usia dini pada perempuan. 2) Secara parsial tingkat pendidikan dan pendapatan orang tua responden berpengaruh positif dan signifikan terhadap usia saat menikah pelaku pernikahan usia dini pada perempuan. 3) Secara parsial tingkat pendidikan orang tua tidak berpengaruh terhadap usia saat menikah pelaku pernikahan usia dini pada perempuan. 4) Responden perempuan yang menikah karena alasan hamil pranikah usia saat menikahnya lebih rendah dibandingkan dengan responden yang menikah bukan karena alasan hamil pranikah dan perbedaannya adalah signifikan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2023-04-30
##submission.howToCite##
ARISTYANA, Putu Ayu Risma; WIDANTA, A.A. Bagus Putu. PENGARUH FAKTOR EKONOMI SOSIAL TERHADAP USIA SAAT MENIKAH PELAKU PERNIKAHAN USIA DINI PADA PEREMPUAN DI KABUPATEN GIANYAR. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 707-715, apr. 2023. ISSN 2337-3067. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/85884>. Tanggal Akses: 18 may 2024 doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2023.v12.i04.p11.
Bagian
Articles