PENGARUH KONSERVATISME AKUNTANSI, STRUKTUR MODAL, DAN PENGUNGKAPAN CSR TERHADAP EARNING RESPONSE COEFFICIENT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Konservatisme Akuntansi, Struktur Modal, dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada Earning Response Coefficient pada Perusahaan Sektor Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017 – 2019. Data yang dipakai dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif yang didapatkan dari laporan tahunan Perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Populasi penelitian sebanyak 41 Perusahaan. Metode dalam penelitian ini menggunakan analisis inferensial. Teknik analisis menggunakan analisis regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh antara Konservatisme Akuntansi, Struktur Modal, dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Earning Response Coefficient dengan menggunakan SPSS 22. Hasil Uji parsial menyatakan Konservatisme Akuntansi tidak memiliki pengaruh terhadap Earning Response Coefficient. Struktur Modal memiliki pengaruh terhadap Earning Response Coefficient. Pengungkapan Corporate Social Responsibility memiliki pengaruh terhadap Earning Response Coefficient.