PENGARUH LITERASI KEUANGAN, KEPERCAYAAN, DAN KEAMANAN PEMBAYARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MARKETPLACE

  • Firda Nur Aini Universitas Negeri Surabaya
  • Susanti Susanti

Abstract

Tujuan utama penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, kepercayaan, dan keamanan pembayaran terhadap keputusan pembelian di marketplace. Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif dan menggunakan metode asosiatif kausal. Populasi penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Surabaya dan untuk pengambilan sampel digunakan teknik sampling jenuh, dimana seluruh anggota populasi yang pernah melakukan pembelian di marketplace dijadikan sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui tes dan kuesioner yang kemudian dilakukan pengujian dengan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap variabel independen memiliki pengaruh secara parsial dan signifikan terhadap variabel dependen karena hasil t hitung > t tabel, dan nilai signifikansi menunjukkan hasil di bawah 0,05. Variabel literasi keuangan, kepercayaan, dan keamanan pembayaran juga memengaruhi secara simultan dan juga signifikan terhadap keputusan pembelian di marketplace dengan hasil F hitung (43,344) > F tabel (2,680) dan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Hasil koefisien determinasi (R2) menunjukkan angka 0,512 yang berarti besar pengaruh variabel literasi keuangan, kepercayaan, dan keamanan pembayaran adalah 51,2% dan sisanya 48,8% dipengaruhi faktor-faktor lain.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-11-28
How to Cite
AINI, Firda Nur; SUSANTI, Susanti. PENGARUH LITERASI KEUANGAN, KEPERCAYAAN, DAN KEAMANAN PEMBAYARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MARKETPLACE. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 991-1000, nov. 2021. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/73732>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2021.v10.i11.p06.
Section
Articles