PENGARUH PENGETAHUAN PERPAJAKAN, KUALITAS PELAYANAN, DAN KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM SURABAYA

  • Chandra Pitaloka Puspodewanti Universitas Negeri Surabaya
  • Susanti Susanti Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Negeri Surabaya, Jawa Timur, Indonesia

Abstract

Kepatuhan membayar pajak merupakan hal yang sangat diperlukan, sebab sektor perpajakan merupakan penerimaan terbesar di Negara. Riset ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh antara pengetahuan perpajakan, kualitas pelayanan dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak pelaku UMKM di Surabaya. Pelaku UMKM khususnya yang telah terdaftar sebagai wajib pajak di KPP Pratama Surabaya Wonocolo merupakan subjek yang digunakan dalam riset ini. Dengan menggunakan teknik regresi linier berganda dan bantuan program SPPS, diperoleh hasil bahwa secara parsial pengetahuan perpajakan memberikan pengaruh secara signifikan pada kepatuhan wajib pajak, kualitas pelayanan tidak memberi pengaruh yang signifikan pada kepatuhan wajib pajak, serta kesadaran wajib pajak memberikan pengaruh yang signifikan pada kepatuhan wajib pajak. Sedangkan secara simultan pengetahuan perpajakan, kualitas pelayanan, dan kesadaran wajib pajak bersama-sama berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak sebesar 85,5%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-11-28
How to Cite
PUSPODEWANTI, Chandra Pitaloka; SUSANTI, Susanti. PENGARUH PENGETAHUAN PERPAJAKAN, KUALITAS PELAYANAN, DAN KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM SURABAYA. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 967-980, nov. 2021. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/73706>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2021.v10.i11.p04.
Section
Articles