PENGARUH LITERASI KEUANGAN, LITERASI DIGITAL, DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP PENGGUNAAN MOBILE BANKING BCA, BNI, BRI
Bahasa Indonesia
Abstract
Perkembangan teknologi yang cukup pesat membuat perubahan dalam kehidupan salah satunya kegiatan dalam melakukan transaksi yaitu dengan menggunakan mobile banking. Mobile Banking adalah jenis fasilitas layanan untuk melakukan transkasi melalui smartphone. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, literasi digital dan kemudahan penggunaan berpengaruh terhadap penggunaan mobile banking BCA, BNI, BRI. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian yaitu mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Surabaya. Sampel penelitian menggunaan purpose sampel dengan kriteria mahasiswa aktif dan memiliki salah satu jenis mobile banking BCA, BNI dan BRI. Pengumpulan data menggunakan tes dan kuesioner di googleform dengan teknik analisis linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Literasi Keuangan secara parsial tidak berpengaruh signifikan pada penggunaan mobile banking. (2) Literasi Digital secara parsial tidak berpengaruh signifikan pada penggunaan mobile banking. (3) Kemudahan Penggunaan secara parsial berpengaruh signifikan pada penggunaan mobile banking. dan (4) Literasi Keuangan, Literasi Digital dan Kemudahan Penggunaan secara simultan berpengaruh signifikan pada penggunaan mobile banking.