PENGARUH LITERASI KEUANGAN, LITERASI DIGITAL, DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP PENGGUNAAN MOBILE BANKING BCA, BNI, BRI

Bahasa Indonesia

  • Krissandi Tunggal Pradini Universitas Negeri Surabaya
  • Susanti Susanti Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Negeri Surabaya, Jawa Timur

Abstract

Perkembangan teknologi yang cukup pesat membuat perubahan dalam kehidupan salah satunya kegiatan dalam melakukan transaksi yaitu dengan menggunakan mobile banking. Mobile Banking adalah jenis fasilitas layanan untuk melakukan transkasi melalui smartphone. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, literasi digital dan kemudahan penggunaan berpengaruh terhadap penggunaan mobile banking BCA, BNI, BRI. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian yaitu mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Surabaya. Sampel penelitian menggunaan purpose sampel dengan kriteria mahasiswa aktif dan memiliki salah satu jenis mobile banking BCA, BNI dan BRI. Pengumpulan data menggunakan tes dan kuesioner di googleform dengan teknik analisis linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Literasi Keuangan secara parsial tidak berpengaruh signifikan pada penggunaan mobile banking. (2) Literasi Digital secara parsial tidak berpengaruh signifikan pada penggunaan mobile banking. (3) Kemudahan Penggunaan secara parsial berpengaruh signifikan pada penggunaan mobile banking. dan (4) Literasi Keuangan, Literasi Digital dan Kemudahan Penggunaan secara simultan berpengaruh signifikan pada penggunaan mobile banking.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-26
How to Cite
PRADINI, Krissandi Tunggal; SUSANTI, Susanti. PENGARUH LITERASI KEUANGAN, LITERASI DIGITAL, DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP PENGGUNAAN MOBILE BANKING BCA, BNI, BRI. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 859-872, oct. 2021. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/72548>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2021.v10.i10.p04.
Section
Articles