FISILIBILITY STUDY PENAMBAHAN VILLA PADA PT. BAGUS AGRO PELAGA DI KABUPATEN BADUNG (DENGAN PENDEKATAN ASPEK KEUANGAN DAN PEMASARAN)

  • Bagus Arya Wijaya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ngurah Rai, Denpasar, Bali
  • I Komang Sumerta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ngurah Rai, Denpasar, Bali
  • Luh Putu Virra Indah Perdanawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ngurah Rai, Denpasar, Bali

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui layak tidaknya investasi penambahan villa yang dilakukan PT. Bagus Agro Pelaga ditinjau dari aspek pemasaran dan keuangan, dengan teknik analisis menggunakan Market Share, Payback Period, NPV Profitability Index, IRR, dan Average Rate of Return. Strategi pemasaran yang digunakan ialah mempertahankan tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi, relationship marketing, dan penyiapan produk komplementer dengan konsep one stop shopping. Strategi penetapan harga yang digunakan adalah berdasarkan perceived value pricing yaitu harga ditentukan oleh kesan pembeli (persepsi) terhadap produk yang ditawarkan, dengan harga yang kompetitif sehingga semua pelanggan dapat terlayani dengan baik, dengan strategi promosi yang dilakukan berupa periklanan (advertising), personal selling, dan public relation.  Hasil pengukuran aspek keuangan menunjukkan bahwa Payback Period =   5 tahun; Net Present Value positip = Rp. 9.201.370.532,-; Profitability Index = 2,06; Internal Rate of Return = 26,12% dan Average Rate of Return = 36%. Ditinjau dari berbagai aspek studi kelayakan yang diteliti, dengan lebih mendalam pada aspek pemasaran dan keuangan menunjukkan hasil yang positip. Sehingga rencana investasi penambahan villa pada PT. Bagus Agro Pelaga layak untuk dilaksanakan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-03-16
How to Cite
WIJAYA, Bagus Arya; SUMERTA, I Komang; PERDANAWATI, Luh Putu Virra Indah. FISILIBILITY STUDY PENAMBAHAN VILLA PADA PT. BAGUS AGRO PELAGA DI KABUPATEN BADUNG (DENGAN PENDEKATAN ASPEK KEUANGAN DAN PEMASARAN). E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 147-160, mar. 2021. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/68369>. Date accessed: 03 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2021.v10.i03.p05.
Section
Articles