FISILIBILITY STUDY PENAMBAHAN VILLA PADA PT. BAGUS AGRO PELAGA DI KABUPATEN BADUNG (DENGAN PENDEKATAN ASPEK KEUANGAN DAN PEMASARAN)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui layak tidaknya investasi penambahan villa yang dilakukan PT. Bagus Agro Pelaga ditinjau dari aspek pemasaran dan keuangan, dengan teknik analisis menggunakan Market Share, Payback Period, NPV Profitability Index, IRR, dan Average Rate of Return. Strategi pemasaran yang digunakan ialah mempertahankan tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi, relationship marketing, dan penyiapan produk komplementer dengan konsep one stop shopping. Strategi penetapan harga yang digunakan adalah berdasarkan perceived value pricing yaitu harga ditentukan oleh kesan pembeli (persepsi) terhadap produk yang ditawarkan, dengan harga yang kompetitif sehingga semua pelanggan dapat terlayani dengan baik, dengan strategi promosi yang dilakukan berupa periklanan (advertising), personal selling, dan public relation. Hasil pengukuran aspek keuangan menunjukkan bahwa Payback Period = 5 tahun; Net Present Value positip = Rp. 9.201.370.532,-; Profitability Index = 2,06; Internal Rate of Return = 26,12% dan Average Rate of Return = 36%. Ditinjau dari berbagai aspek studi kelayakan yang diteliti, dengan lebih mendalam pada aspek pemasaran dan keuangan menunjukkan hasil yang positip. Sehingga rencana investasi penambahan villa pada PT. Bagus Agro Pelaga layak untuk dilaksanakan.