PENGARUH TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP KETERBUKAAN RISIKO OPERASIONAL PERUSAHAAN ASURANSI TERBUKA DI INDONESIA PERIODE 2015-2019

  • Dessen Setiawan Universitas Indonesia
  • Agung Yoso Universitas Indonesia, Jawa Barat, Indonesia
  • Christopher . Universitas Indonesia, Jawa Barat, Indonesia
  • Laras Shintya Putri Universitas Indonesia, Jawa Barat, Indonesia
  • Leandra Anisah Universitas Indonesia, Jawa Barat, Indonesia
  • Dewi Hanggraeni Universitas Indonesia, Jawa Barat, Indonesia

Abstract

Perusahaan asuransi menghadapi peluang yang besar seiring perkembangan populasi, pada saat yang bersamaan, pemegang polis senantiasa menuntut keterbukaan informasi dari perusahaan demi membangun kepercayaan pada perusahaan asuransi. Penelitian ini menganalisis pengaruh mekanisme tata kelola perusahaan asuransi di Indonesia terhadap konteks keterbukaan informasi risiko operasional (RO) yang dihadapi, dengan tujuan mengetahui apakah tata kelola perusahaan yang baik menunjukkan keterbukaan informasi RO perusahaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 15 perusahaan asuransi yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia pada periode 2015 hingga 2019. Metode yang digunakan adalah analisis korelasi dan regresi multivariat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase pemegang saham mayoritas perusahaan asuransi signifikan dan berkorelasi negatif terhadap keterbukaan informasi risiko operasional. Selain itu, ukuran suatu perusahaan asuransi signifikan dan berkorelasi positif terhadap keterbukaan informasi risiko operasional. Kesimpulannya adalah semakin besar konsentrasi kepemilikan perusahaan asuransi maka semakin sedikit risiko operasional yang dipublikasikan sehingga prinsip corporate governance khususnya prinsip transparansi tidak dipraktikkan dengan baik. Saran kami untuk perusahaan asuransi yang memiliki konsentrasi kepemilikan perusahaan yang tinggi adalah mempertimbangkan prinsip transparansi dalam pengambilan keputusan yang terkait dengan tata kelola perusahaan yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-03-16
How to Cite
SETIAWAN, Dessen et al. PENGARUH TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP KETERBUKAAN RISIKO OPERASIONAL PERUSAHAAN ASURANSI TERBUKA DI INDONESIA PERIODE 2015-2019. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 119-126, mar. 2021. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/68153>. Date accessed: 03 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2021.v10.i03.p02.
Section
Articles