ANALISIS SWOT BALANCED SCORECARD (BSC) DALAM KEBIJAKAN PENGEMBANGAN UMKM BATIK DI KABUPATEN KEDIRI

  • Suwarno Suwarno Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Kadiri, Jawa Timur, Indonesia
  • Teguh Pramono Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Kadiri, Jawa Timur, Indonesia
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/EEB.2020.v09.i07.p04

Abstrak

Strategi model kebijakan dalam memberdayakan UMKM dalam penelitian ini menggunakan Balanced Scorecard (BSC) sebagai metode analisis. Adapun tahap pertama diawali dengan analisis SWOT. Analisis SWOT bertujuan untuk mengetahui bagaimana posisi UMKM berada pada posisi kuadran satu, dua, tiga atau empat. Dari hasil analisis diketahui posisi UMKM batik Kediri saat ini berada pada kondisi baik namun menghadapi tantangan yang harus dihadapi kedepannya sehingga strategi yang harus dilakukan adalah strategi integrasi horizontal. Tahap kedua, setelah terpilihnya rekomendasi strategi dengan menggunakan metode SWOT, akan diukur dengan berlandaskan perspektif Model Kebijakan yang dapat diimplementasikan pada program kerja. Adapun keempat perspektif tersebut adalah Perspektif Pelanggan, Perspektif Finansial, Perspektif Pembelajaran dan pertumbuhan, serta Perspektif Bisnis Internal. Perspektif model kebijakan tersebut mencakup aspek modal usaha, pasar, kualitas produk, pemasaran, dan SDM. Setiap indikator dalam model kebijakan yang ada harus dilaksanakan dengan mengaplikatifkan dalam program kebijakan pemerintah.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2020-07-13
##submission.howToCite##
SUWARNO, Suwarno; PRAMONO, Teguh. ANALISIS SWOT BALANCED SCORECARD (BSC) DALAM KEBIJAKAN PENGEMBANGAN UMKM BATIK DI KABUPATEN KEDIRI. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 653-670, july 2020. ISSN 2337-3067. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/60904>. Tanggal Akses: 15 oct. 2025 doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2020.v09.i07.p04.
Bagian
Articles