Pengaruh Rasio Keuangan terhadap Investment Opportunity Set (IOS) Dalam Tahapan Siklus Kehidupan Perusahaan Publik Di Bursa Efek Indonesia

  • M Sofal Subhi Universitas Udayana

Abstract

Hasil pengujian regresi berganda antara variable-variabel independen yang berupa current ratio, return on assets ratio, assets turn over ratio, debt to equity ratio, dan price earning ratio terhadap variabel dependen investment opportunity set (IOS) berpengaruh signifikan pada masing-masing tahapan siklus kehidupan yang meliputi tahap pendirian, pertumbuhan, kedewasaan, stabil, dan penurunan. Hasil pengujian regresi secara parsial dapat disimpulkan bahwa pada tahap pendirian dan pertumbuhan hanya return on assets ratio, debt to equity ratio, dan price earning ratio yang berpengaruh secara signifikan terhadap investment opportunity set (IOS). Pada tahap kedewasaan dan tahap stabil hanya variabel return on assets ratio dan price earning ratio yang berpengaruh secara signifikan terhadap investment opportunity set (IOS), sedangkan pada tahap penurunan hanya variabel return on assets ratio, saja yang berpengaruh secara signifikan terhadap investment opportunity set (IOS).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-09-11
How to Cite
SUBHI, M Sofal. Pengaruh Rasio Keuangan terhadap Investment Opportunity Set (IOS) Dalam Tahapan Siklus Kehidupan Perusahaan Publik Di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], sep. 2013. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/5862>. Date accessed: 03 may 2024.
Section
Articles

Keywords

rasio keuangan, set kesempatan investasi, IOS