PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TOUR PACKAGE PT SMAILING TOUR DI BALI
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran (7P) terhadap keputusan pembelian packed pada Smailing Tour. Metode penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen Smailing Tour yang berada di Sanur, Denpasar. Sampel dari penelitian ini adalah 125 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kusioner. Skala yang digunakan adalah skala Likert. Hasil dari penelitian ini adalah product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian packed di Smailing Tour secara parsial maupun simultan. R2 dari penelitian ini adalah 0,707, yang berarti sebesar 70,7 persen keputusan pembelian dipengaruhi oleh ketujuh variabel dalam penelitian ini, sisanya 29,3 persen dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. Implikasi teoretis bagi pengembangan ilmu manajemen pemasaran, khususnya bauran pemasaran (7P) terhadap keputusan pembelian. Implikasi manajerial dalam penelitian ini adalah perusahaan perlu merancang strategi pemasaran yang kreatif agar dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen seperti melalui strategi yang berkaitan dengan people dan price.







