PENGARUH SEKTOR PARIWISATA TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAERAH DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI BALI

  • Ni Komang Widiastuti Fakultas Ekonomi Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sektor pariwisata terhadap kinerja keuangan daerah dan kesejahteraan masyarakat kabupaten/kota di Provinsi Bali (2001-2010). Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali dan Biro Keuangan Setda Provinsi Bali. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis faktor dan analisis jalur. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sektor pariwisata berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan daerah dan kesejahteraan masyarakat kabupaten/kota di Provinsi Bali tahun 2001-2010  Penelitian ini juga memperoleh hasil bahwa kinerja keuangan daerah berpengaruh signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat kabupaten/kota di Provinsi Bali. Dengan analisis jalur diketahui bahwa sektor pariwisata berpengaruh tidak langsung terhadap kesejahteraan masyarakat melalui kinerja keuangan daerah kabupaten/kota di Provinsi Bali.

 

Kata kunci : sektor pariwisata, kinerja keuangan daerah, kesejahteraan masyarakat

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-05-06
How to Cite
WIDIASTUTI, Ni Komang. PENGARUH SEKTOR PARIWISATA TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAERAH DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI BALI. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], may 2013. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/5217>. Date accessed: 20 may 2024.
Section
Articles

Keywords

sektor pariwisata, kinerja keuangan daerah, kesejahteraan masyarakat