PENGARUH MODAL INTELEKTUAL PADA KINERJA KEUANGAN DI BURSA EFEK INDONESIA

  • Putu Diah Kumalasari Fakultas Ekonomi Universitas Udayana
  • Ida Bagus Putra Astika Fakultas Ekonomi Universitas Udayana

Abstract

Modal Intelektual (MI) merupakan suatu konsep yang menyatakan bahwa manusia (sumber daya berbasis pengetahuan) berbentuk aset tak berwujud yang dimiliki oleh perusahaan.  Jika dikelola secara optimal memungkinkan perusahaan untuk menjalankan strateginya dengan efektif dan efisien. Proksi yang digunakan untuk mengukur MI terus berkembang, dua diantaranya adalah value added intellectual coefficient (VAIC) dan  market to book value (MBV). VAIC merupakan pengukuran berbasis internal dan PBV merupakan pengukuran secara eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh MI dengan metode VAIC pada return on assets (ROA), bagaimana pengaruh MI dengan metode MBV pada ROA, dan metode mana dari dua metode tersebut yang lebih baik digunakan untuk mengukur MI.

Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 20 perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2006-2011. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa MI dengan metode VAIC berpengaruh positif pada ROA, MI dengan metode MBV berpengaruh positif pada ROA, dan metode VAIC merupakan metode yang lebih baik digunakan untuk mengukur MI.

Kata kunci: Modal Intelektual, VAIC, MBV, ROA

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-05-06
How to Cite
KUMALASARI, Putu Diah; PUTRA ASTIKA, Ida Bagus. PENGARUH MODAL INTELEKTUAL PADA KINERJA KEUANGAN DI BURSA EFEK INDONESIA. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], may 2013. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/5178>. Date accessed: 17 may 2024.
Section
Articles