PENGARUH FAKTOR EKONOMI MAKRO, KEPUTUSAN INVESTASI DAN KEPUTUSAN PENDANAAN TERHADAP YIELD OBLIGASI KORPORASI DI BURSA EFEK INDONESIA

  • Ida Ayu Made Wiryandari Kusuma Handayani Fakultas Ekonomi Universitas Udayana
  • Luh Gede Sri Artini Fakultas Ekonomi Universitas Udayana

Abstract

Obligasi merupakan salah satu sumber pendanaan bagi pemerintah dan perusahaan yang dapat diperoleh dari pasar modal. Tujuan utama seorang investor dalam menginvestasikan dananya pada suatu sekuritas adalah memperoleh hasil (yields) dari investasi tersebut. Faktor eksternal dan internal perusahaan akan menjadi pertimbangan investor dalam membeli atau menjual suatu obligasi yang terdiri dari faktor ekonomi makro, keputusan investasi dan keputusan pendanaan. Penelitian ini bermaksud menguji kembali pengaruh faktor ekonomi makro, keputusan investasi, dan keputusan pendanaan terhadap yield obligasi korporasi di Bursa Efek Indonesia. Adanya berbagai perbedaan hasil dari penelitian-penelitian sebelumnya, menyebabkan variabel-variabel tersebut penting untuk diteliti. Populasi dalam penelitian ini adalah semua obligasi korporasi yang listed diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) dari 2010-2011 yang berjumlah 44 obligasi. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode Nonparticipant observation. Metode analisis data mengunakan metode Confirmatory Factor Analysis dan Analisis Jalur (Path Analysis). Hasil  penelitian ini menunjukkan bahwa keputusan investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pendanaan. Faktor ekonomi makro berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pendanaan. Keputusan investasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap yield obligasi. Keputusan pendanaan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap yield obligasi. Faktor ekonomi makro berpengaruh positif dan signifikan terhadap yield obligasi.

Kata Kunci: ekonomi makro,  investasi, pendanaan dan yield obligasi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-04-08
How to Cite
WIRYANDARI KUSUMA HANDAYANI, Ida Ayu Made; SRI ARTINI, Luh Gede. PENGARUH FAKTOR EKONOMI MAKRO, KEPUTUSAN INVESTASI DAN KEPUTUSAN PENDANAAN TERHADAP YIELD OBLIGASI KORPORASI DI BURSA EFEK INDONESIA. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], apr. 2013. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/5088>. Date accessed: 21 may 2024.
Section
Articles

Keywords

ekonomi makro, investasi, pendanaan dan yield obligasi