FORMULASI STRATEGI PEMASARAN SIMPANG INN HOTEL KUTA-BALI

  • I Ketut Aryanata Fakultas Ekonomi Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran hotel Simpang Inn pada masa sekarang dan pada masa mendatang. Responden dalam penelitian ini berjumlah 14 orang yang berasal dari manajemen Simpang Inn Hotel Kuta-Bali dengan menggunakan teknik sensus. Penelitian ini diuji dengan analisis SWOT dan Matrik Internal Ekasternal.

Berdasarkan analisis terhadap lingkungan eksternal, diperoleh nilai sebesar 3,81 dan nilai lingkungan internal sebesar 3,99. Pada masa mendatang posisi Simpang Inn Hotel Kuta-Bali pada matrik IFAS dan EFAS berada pada Sel I yaitu pada posisi tumbuh dan kembangkan atau berada pada kompetitif pasar yang sangat kuat (competitive high market share) dalam bisnis perhotelan yang berdaya saing tinggi. Jadi formulasi strategi pemasaran yang memadai diterapkan adalah dengan melakukan pengembangan produk seperti membuat paket hari raya keagamaan dengan harga yang lebih kompetitif dan lebih variatif sehingga dapat memenuhi semua pangsa pasar.

Pengembangan produk dapat dilakukan dengan diversifikasi produk dan modifikasi produk sehingga semua pasar dapat terlayani. Untuk pengembangan pasar dapat dilakukan dengan bekerjasama dengan travel agent-travel agent yang ada di Bali dan juga diluar Bali, agar produk dan keberadaan Simpang Inn Hotel Kuta-Bali dapat diketahui di Bali dan luar Bali.

 

Kata Kunci           : Formulasi strategi pemasaran,Analisis SWOT, Matrik IE, Hotel

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-03-08
How to Cite
ARYANATA, I Ketut. FORMULASI STRATEGI PEMASARAN SIMPANG INN HOTEL KUTA-BALI. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], mar. 2013. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/4851>. Date accessed: 07 may 2024.
Section
Articles

Keywords

Formulasi strategi pemasaran,Analisis SWOT, Matrik IE, Hotel