EFEK GENDER DAN PENDIDIKAN PADA HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KINERJA KARYAWAN BPR DI KABUPATEN GIANYAR
Abstract
ABSTRAK
Bank Perkreditan Rakyat yang diangkat sebagai objek penelitian di Kabupaten Gianyar menunjukkan pencapaian kinerja yang berbeda. Survei awal menemukan bahwa tingkat pendidikan karyawan dari keempat BPR tesebut lebih banyak terdiri dari tamatan SMU dibandingkan sarjana maupun diploma dan karyawan jenis kelamin perempuan lebih banyak dibandingkan karyawan jenis kelamin laki-laki.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan yang ada di ke empat BPR, pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan laki-laki berbeda dibandingkan kinerja karyawan perempuan dan mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan pada kelompok karyawan yang memiliki perbedaan tingkat pendidikan dan jenis kelamin. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan metode analisis ANOVA factorial univariat dengan 122 responden yaitu seluruh karyawan ke empat BPR tersebut.
Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Hasil analisis juga menyatakan bahwa pendidikan dan gender sebagai moderator efek kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap kinerja.
Implikasi praktis dari penelitian ini adalah bahwa perusahaan perlu menerapkan kecerdasan emosional sebagai kriteria seleksi karyawan baru. Sebaiknya perusahaan memprioritaskan calon karyawan yang memiliki kecerdasan emosional tinggi.
Kata kunci: kecerdasan emosional,gender,tingkat pendidikan,kinerja.