STUDI SEASONED EQUITY OFFERINGS PADA PERUSAHAAN-PERUSAHAAN DI BURSA EFEK INDONESIA

  • Ade Kusuma Dewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali
  • I Gusti Bagus Wiksuana Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitar Udayana. Bali. Indonesia
  • Henny Rahyuda Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitar Udayana. Bali. Indonesia

Abstract

Keputusan pendanaan pada perusahaan yang sudah go public dapat dilakukan dengan cara menggunakan hutang atau penerbitan saham baru (SEO). Seasoned equity offerings (SEO) dilakukan dengan harapan untuk meningkatkan kinerja perusahaan, karena tambahan dana hasil penjualan saham dapat digunakan perusahaan untuk keperluan operasional, sebagai modal perusahaan ataupun untuk tambahan investasi yang menunjang penjualan perusahaan. Perusahaan di Bursa Efek Indonesia yang menngadakan right issue di tahun 2011 akan digunakan sebagai populasi, dengan metode sampling menggunakan purposive sampling, yang terdiri dari 18 perusahaan. Kinerja keuangan akan di uji dengan analisis rasio, yang terdiri dari likuiditas (CR), leverage (DER), efektifitas (TAT), profitabilitas (ROE), dan penilaian pasar (PER). Alat analisis menggunakan uji wilxocon, yaitu untuk melihat kinerja keuangan perusahaan tiga tahun sebelum SEO (2008 – 2010)  dan tiga tahun sesudah SEO (2012 -2014). Berdasarkan hasil penelitian terhadap rasio yang digunakan hanya likuditas (CR) yang mengalami peningkatan yang setelah SEO dan leverage (DER) perusahaan yang mengalami penurunan yang setelah SEO.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-11-25
How to Cite
KUSUMA DEWI, Ade; WIKSUANA, I Gusti Bagus; RAHYUDA, Henny. STUDI SEASONED EQUITY OFFERINGS PADA PERUSAHAAN-PERUSAHAAN DI BURSA EFEK INDONESIA. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], nov. 2016. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/24089>. Date accessed: 13 nov. 2024.
Section
Articles

Keywords

Seasoned equity offerings, right issue, keputusan pendanaan